Friday 15 February 2013

PC restart berulang-ulang ketika dihidupkan

Beberapa bulan sudah aku tidak berkunjung kerumah sahabatku, dan akhirnya kemarin ada waktu untuk silahturahmi kerumahnya. Kesamaan hobi untuk bermain PES 2013 di pc membuat pertemuan dimulai dengan menantangnya untuk bertanding, akan tetapi ternyata PC dia lg rusak. Sebagai orang yang berbasic IT rasa penasaran pun muncul untuk memperbaikinya.
Ketika awal dihidupkan, komputer merestart sendiri secara berulang-ulang dalam hitungan beberapa detik sehingga membuatku penasaran dengan permasalahan yang baru kutemui tersebut. karena hal baru, saya mencoba untul mencari solusinya di Mbah Google dan akhirnya menemukan beberapa solusi.
Pada saat tersebut solusi yang mungkin dapat dicoba adalah permasalahan pada RAM, karena solusinya adalah dengan mencabutnya dan membersihkan slotnya dan bagia ram yang berwarna kuning menggunakan kain lembut, setelah itu ram dipasangkan kembali dan mencoba untuk dihidupkan kembali, ternyata hal tersebut berhasil komputer tidak merestart lagi, akan tetapi inputan dari cpu tidak diterima oleh monitor sehingga terdapat tulisan no signal, nah lho selesai satu dapat masalah baru?.
Karena hal tersebut merupakan hal baru yang ditemui juga, makanya aku mencoba research dengan keyword yang berbeda dan terdapat beberpa solusi juga, tetapi aku mengambil permasalahan pada RAM berhubung hal yang tadi aku oprek mengenai RAM. xD
ternyata ada 2 kemungkinan dari solusi yang tersebut dan tentunya ada 2 solusi juga dari kemungkinan tersebut,
  1. Kondisi RAM yang kotor, sehingga kita harus mencopotnya terlebih dahulu dan membersihkan pin yang berwarna kuning menggunakan penghapus secara horizontal secara keseluruhan.
  2. RAM rusak, solusi satu-satunya adalah membeli RAM yang baru sesuai dengan type pc yang digunakannya.
Permasalahan yang ada pada PC temanku tersebut ada pada poin yang pertama, saya menggunakan penghapus 2B untuk membersihkan pin yang ada pada RAM tersebut dan sekarang PC tersebut berjalan normal kembali .
mungkin kalian pernah menemukan hal yang sama? semoga artikel ini bermanfaat..

No comments:

Post a Comment