Saturday 25 May 2013

menambah resources dan memutarkan suara dari resources di VB.Net 2012

Udah lama jg gak posting, sok sibuk dengan kegiatan-kegiatan akademisi di kampus. :D.
sekarang aku mau berbagi yang baru aku dapet lagi, walaupun sedikit siapa tau bermanfaat. sejak lama ngoprek VB.Net di VS 2010, gak kerasa sekarang udah keluar aja VS 2012. cepet banget kayanya perkembangan teknologi.
VS 2012, khususnya di VB.Net-nya dibuat untuk para develop yang ingin mengembangkan aplikasi desktop pada Windows 8, jadi salah satu syarat untuk menginstal VS 2012 adalah dengan menggunakan sistem operasi Windows 8. tetapi anda juga dapat hanya dengan menginstal framework windows 8. kalau aku udah nyoba dari windows 8 dan menginstal framework yang di windows 7, sehingga aplikasi yang tadinya gak jalan, sekarang udah bisa (tapi belum pernah nyoba yang sebaliknya, :p)
satu hal lagi kelebihan dari VS 2012, pada VS 2010, selain file yang memiliki format VS 2010, 2010 kebawah seperti VB.Net 2009, 2008,dll itu tidak akan bisa dibuka ada VS 2010, pasti akan mengalami kegagalan saat pengkonversian file, tetapi  di VS 2012 aku coba buka file Vb.Net 2010 ternyata bisa dibuka dan diedit berdasarkan GUI maupun source code. enak kan?
mencoba Vb.Net 2012 aku mencaba cara yang sama di Vb.Net ternyata berhasil, sekarang aku pengen berbagi pengalaman yang barusan aku alamin..

Pertama buka VS 2012 dengan cara klik lambang windows pada keyboard dan ketik Visual studio, secara otomatis akan keluar beberapa pilihan dan pilih visual studio 2012.

Setelah keluar start page VS 2012, buat file project baru dengan cara:


 atau anda dapat menekan kombinasi key ctrl+shift+n.

tunggu sampai keluar form New Project:

Pada bagian sebelah kiri (grup templates) pilih visual basic di tengah akan muncul list seperti di gambar, plih windows form application.
pada grup teks isian di bawah, isikan dengan sesuai keinginan anda dan klik ok.

Setelah itu akan muncul halaman utama project dengan form yang kita buat, pada menu bar pilih menu project dan pilih sub menu namaproject properties.

setelah itu akan tampil project properties dan akan menampilkan beberapa pilihan seperti di gambar ini:
Pilih menu resources pada icon audio yang bergaris merah anda dapat memilih resources yang ingin dimasukkan seperti audio, images, icon, string, dll. disini kita memilih audio sebagai resourcesnya, dan pada tab menu add resources pilih add existing file, dan pilih file audio, biasanya resources audio hanya compatible untuk tipe file .wav.

untuk menggunakannya, pada form yang tadi kita klik 2x form berikut untuk menampilkan source code pada event Load, kemudian ketikan code berikut:

My.Computer.Audio.Play(My.Resources.namafileaudio, AudioPlayMode.BackgroundLoop)
#jika file bernama robbi maka code menjadi:
 My.Computer.Audio.Play(My.Resources.robbi, AudioPlayMode.BackgroundLoop)

#pada audio play mode terdapat beberapa pilihan anda dapat mencobanya satu per satu.
lebih lengkapnya dapat dilihat seperti gambar ini:

Run dengan cara menekan f5, atau klik tombol hijau bergambar play yang ada pada icon bar.
  




No comments:

Post a Comment