Sunday 17 February 2013

Membuat koneksi database mysql dengan VB.Net (2010)

Sekarang aku mau berbagi cara mengkoneksikan database mysql yang kita buat sama vb.net nih, setelah kemarin udah tau toolsnya maka sekarang coba kita uji koneksinya yo. Untuk yang masih belum tau toolsnya bisa baca di artikel sebelumnya Tools tambahan untuk menggukan MySql sebagai database di VB.Net(2010).
Langkah pertama yang kita lakukan tentunya menjalankan service mysql, karena saya menggunakan Xampp, maka seperti biasa jalankan xampp control dan kemudian start service mysql.
*Diasumsikan telah ada database yang dibuat yang akan digunakan untuk pengujian koneksi.

Karena itu langsung saja kita buka VS 2010-nya,
Setelah masuk menu utama VS 2010, yuk kita bikin new project terlebih dahulu, caranya bisa dengan menekan ctrl+n, atau dengan memilih menu File > New Project.
Pada Form New Project maka pilih bahasa visual basic, dan pilih Windows form application.

Pada textbox name, isikan nama project yang anda buat setelah itu tekan button ok.
Setelah itu pasti akan ada sebuah form yang terbentuk dengan nama form 1, untuk mengkoneksikannya terlebih dahulu kita harus menambahkan reference mysql.data yang sebelumnya sudah dijelaskan dan harus di instal, caranya dengan Klik kanan pada nama project yg tadi kita buat yang ada di sebelah kanan atau grup solution explorer => add reference.
Setelah tampil form add reference, pilih menu tab .Net dan pilih mysql.data seperti gambar berikut.

Setelah langkah ini dilakukan ana sudah bisa menggunakan listing mysql di dalam project vb.net, untuk langkah selanjutnya langsung saja kita menuju code, untuk sebuah koneksi tidak membutuhkan beribu-ribu baris code kok, tenang aja.. xD
pada form yang tadi kita buat klik kiri 2 kali, sehingga akan muncul code editor dengan event load dan selanjutnya ikuti code berikut:
#Kalo langkah-langkahnya benar tidak akan muncul pesan kesalahan dan akan langsung muncul form yang tadi kita buat, tetapi jika ada recheck kembali apakah langkah-langkahnya sudah benar. xD
db = nama database yg mau kita tuju
user, pass dan host set sesuai dengan pengaturan yang anda gunakan pada phpmyadminnya, pada listing code itu masih digunakan dengan pengaturan secara default.
eh iya, abis itu di Run ya dengan menekan tombol f5, dan lihat apa yang terjadi..

4 comments:

  1. jika aplikasi client server bagaimana koneksinya? aplikasi dan database tidak di satu komputer. mohon di email ke gundalaseketika@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan bisa menambahkan sedikit pengaturan dan merubah sdkit source code.
      di phpmyadmin, tambahkan user baru untuk pengaturan di compi client, dan kosongkan host dan passwordnya.
      buat alamat yg membuat anda terhubung dr server dan clientnya:
      contoh server: 192.168.1.2, client: 192.168.1.3,
      lalu pd source code rubah user = "user_yg_baru_dibuat", host="alamat_ip_server_yang_baru_dibuat", semoga membantu gan..

      Delete
  2. mas bisa minta tolong di email donk ke aku Tengkulakgila@gmail.com
    tutor mas robbi yang lengkap..langkah2ny membuat program di vb.net 2010 ini...saya newbie,tp saya penasaran banget mo belajar ni mas...thx

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas ilmu nya bang :)

    ReplyDelete