Sunday 17 February 2013

Memperbaiki beberapa device yang tidak berjalan normal setelah di install ulang os windows 7

Beberapa hal yang terjadi pada PC terkadang membutuhkan instal ulang untuk mengatasinya, akan tetapi banyak kejadian bahkan dari lingkunganku pun yang tidak memperhatikan driver bawaan dari produk PC/netbook/laptop yang mereka dapatkan sehingga lupa menyimpan, hilang sehingga membutuhkan download driver dari situs resmi yang menyediakannya. Mungkin memang terlihat simple tetapi, apa salahnya menjaga barang penting tersebut daripada harus mendownloadnya dengan ukuran yang cukup besar per drivernya, apalagi aplikasi-aplikasi tambahan yang terkadang juga berguna.
Selain itu banyak juga yang menganggap bahwa instal saja dengan OS seperti seven atau versi yang terbarunya disana sudah secara otomatis terinstal driver, memang sih beberapa driver telah terpasang seperti vga, sound dan yang lainnya tetapi tidak semua compatible terhadap beberapa perangkat keras yang diciptakan dari beberapa perusahaan yang membuat perangkat keras.
Contohnya waktu itu aku tidak mau menginstal driver bawaan seperti vga dan sound dr laptopku, karena berpikiran bahwa sudah secara otomatis terpasang dan akan memboroskan memory, akan tetapi ketika memasang virtual pc ternyata muncul pesan bahwa vga tidak kuat untuk merespon hal tersebut, sejenak terbingung dan akhirnya berpikir untuk memasang hal tersebut dan menjalankan virtual pc kembali dan akhirnya berhasil. :D
Satu kasus lagi netbook teman yang dia membawanya kepadaku dan menanyakan kok speakerku kadang jalan kadang nggk ya? bingung sih, tetapi setelah ku lihat memang dia tidak memasang driver asli bawaannya kusarankan dia untuk mendownload driver sound  dan menginstallnya. Besoknya setelah dia selesai menginstal dia pun menelepon dan berkata speakernya berjalan normal.
Untuk penginstalan ulang lebih baik anda siapkan juga driver bawaan untuk berjaga-jaga, apalagi beberapa merk seperti HP menyimpan driver di partisi system(C:) sehingga ketika diinstal ulang driver pun hangus.
untuk menanggapi hal tersebut juga anda dapat mengandalkan fitur windows update, menggunakannya dapat secara otomatis mengupdata dan memasang apa yang dibutuhkan PC dan tentunya compatible dengan perangkat keras yang digunakan.

No comments:

Post a Comment