Saturday 16 February 2013

Membuat mirror margins pada Microsoft Word 2007

Hemm, berbicara mengenai tugas memang merupakan sesuatu hal yang mengharuskan kita untuk mengerjakannya, hehee. Disini aku mau berbagi sesuatu hal yang baru-baru kupelajari (padahal udah semester VI, tapi baru tau ginian. xD). Dari awal semester perkuliahan sampai semester IV pembuatan sebuah makalah dapat menjadi salah satu makanan harian dengan format standar yang biasa digunakan.
Memasuki semester V, mendapatkan tugas yang sama tetapi dengan format yang berbeda dari salah satu mata kuliah. Formatnya mengharuskan 1 lembar kertas digunakan untuk 2 halaman, dan tentunya margin dan nomor header harus diatur sedemikian mungkin agar terlihat rapi atau 1 lembar  bagian depan dan belakang harus sesuai marginnya dan nomor saling bertimpahan. tentunya tugas itu sempat membuatku bingung, karena hal ini merupakan hal yang baru juga.
Solusi permasalahan tersebut akhirnya tidak kuambil pusing dan memutuskan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu dan pengaturannya minta bantuan sama orang di tempat printeran.. heheeee
Setelah selesai makalahnya, cara tersebut memang kulakukan, akan tetapi tentunya aku pun harus mengetahui cara untuk melakukan format tersebut, sehingga ketika minta tolong pada penjaga printeran di toko tersebut aku memperhatikan langkah-langkahnya.
Setelah beres print makalah, rasa penasaran pun timbul dan hasrat ingin mencoba hal tersebut pun datang. Ternyata jodoh memang gak kemana, datang teman yang minta bantuan untuk membuat format tersebut, dan akhirnya tugasnya pun yang kujadikan kelinci percobaan. hehee, tapi berhasil lho.. :D
Kalo ada diantara kalian yang mengalami permasalahan tersebut, berikut cara-cara mengaturnya:
*Diasumsikan makalah telah selesai dibuat dan halaman awal adalah cover(tidak menggunakan number) dan makalah telah diberi number secara keseluruhan.

- Pada menu bar word, pilih menu Page Layout => pada icon bar pilih margins => custom margins.



- Pada Form Page setup di box pages, secara default pilihan multiple pages adalah normal.


  ganti multiple pages dengan mirror margins. setelah itu pilih tab menu layout.

- checklist different odd adn even dan different first page


- Terakhir tinggal tekan button ok, dan lihat hasilnya.. :D

eh, tapi jangan senang dulu, margins memang telah tersusun dengan efek mirror tetapi number yang berangka genap pasti tidak muncul, ya kan?. Untuk mengatasi hal tersebut:
  1. Letakkan kursor pada halaman genap pertama dari halaman atas (yang tidak ada nomor)
  2. kemudian insert kembali menggunakan page number dan posisi number dibuat kebalikan dari number yang ganjil (kalo number yang ganjil di pojok kanan atas maka number yang genap di pojok kiri yang atas).
Langkah terakhir print langsung terus kumpulin tugasnya, xixiii..



No comments:

Post a Comment